9 Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita Berjilbab

9 Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita Berjilbab

Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita Berjilbab – Menggunakan jilbab adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh semua muslimah, karena fungsi dari menutup aurat adalah agar tidak menjadi pusat perhatian dari para lelaki, karena pandangan laki laki mampu menyebabkan fitnah untuk kaum wanita.

Jika di ibaratkan hijab (pakaian menutup aurat sesuai syariat islam) itu sama seperti bungkus permen, misalnya ada 2 permen yang satu terbungkus dan ada satu yang terbuka. Permen yang terbuka akan memancing semut semut untuk datang untuk mengerubuti nya, datangnya semut semut itu memakan sebagian bagian permen akan membuat manusia tidak ingin memakan nya, sedangkan yang terbungkus rapi tidak akan membuat semut mendekat, dan tetap terjaga kesucian nya.

Oleh karena itu, jilbab menjadi sangat penting untuk menjaga kehormatan wanita. Tapi menggunakan jilbab bukan hal yang mudah, karena melakukan hal baik pasti ada saja yang mengganggu niat dan pelaksanaan nya, salah satu hal yang sering dialami adalah masalah rambut yang rontok, namun ber hijab atau tidak, wanita memiliki potensi yang sama dalam masalah rambut rontok ini, namun mungkin beda faktor penyebab nya saja, ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kerontokan pada wanita berjilbab, mari kita bahas bersama disini.

Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita Berjilbab

Baca Juga : Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita

1. Menggunakan Jilbab Saat Rambut Basah

Banyak muslimah yang memiliki banyak kegiatan setiap harinya, baik pekerjaan rumah tangga atau pekerjaan diluar rumah tangga, hal ini kadang membuat para pengguna jilbab terburu buru dan lupa mengeringkan rambut sebelum menggunakan hijab, mungkin jika melakukan hal ini hanya sekali atau dua kali tidak akan berefek fatal.

Namun jika hal ini sering dilakukan atau bahkan sampai menjadi kebiasaan sehari hari, biasanya akan berakibat rambut menjadi mudah rontok dan berketombe. Oleh karena itu kami menyarankan agar ukhti mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum menggunakan hijab.

2. Menyisir Rambut Dalam Keadaan Basah

Memang pada saat setelah keramas, banyak rambut yang kusut dan tidak rapi, yang membuat kebanyakan orang ingin langsung meluruskan nya dan juga menyisir rambut adalah sebuah keharusan agar rambut dalam keadaan tertata saat berjilbab, namun menyisir rambut saat dalam keadaan basah merupakan hal yang tidak baik untuk dilakukan, karena dapat menyebabkan kerontokan yang cukup parah.

Keringkan rambut terlebih dulu sebelum menyisirnya, bisa keringkan dengan cara dikipasi dengan kipas angin, menggunakan pengering rambut atau biarkan saja kering dengan alami, baru setelah kering bisa disisir seperti biasanya.

3. Tidak Melepas Hijab dan Ikat Rambut Saat di Rumah

Setelah melakukan aktivitas sehari hari dan sampai di rumah, sangat dianjurkan untuk melepas jilbab karena suami, anak, orang tua, saudara boleh melihat rambut Anda, dan tidak termasuk dosa membuka jilbab Anda di depan mereka. Ditambah lagi jika Anda tidak melepas hijab saat di rumah akan dapat menyebabkan rambut mudah rontok karena tidak ada ruang bagi rambut untuk bernafas apalagi setelah seharian beraktivitas.

Keringat karena udara lembab dan bercampur dengan kotoran yang terperangkan di dalam jilbab harus segera dibersihkan dan mendapatkan udara segar.

4. Terlalu Sering Keramas

Keramas merupakan hal yang baik untuk dilakukan agar rambut dan kulit kepala tetap bersih dari kotoran dan juga keringat yang menempel pada rambut atau kulit kepala, apalagi bagi wanita yang berjilbab. Namun jika terlalu sering melakukan keramas juga dapat menyebabkan rambut menjadi tidak sehat.

Mencuci rambut terlalu sering dapat berakibat minyak alami yang ada pada lapisan kulit kepala banyak terbuang dan berakibat pada kekuatan rambut akan berkuarang, yang pada akhirnya membuat rambut mudah terlepas, jika Anda memang membutuhkan keramas yang sering, usahakan menggunakan shampo yang menggunakan bahan alami yang aman.

5. Jarang Melakukan Keramas

Terlalu sering keramas tidak baik bagi rambut, jarang keramas juga merupakan hal yang tidak baik bagi kesehatan rambut. Karena keringat dan kotoran yang sudah bercampur di rambut jika tidak dibersihkan akan menumpuk dan membuat rambut mudah rontok.

Dan yang lebih parah bisa jadi kotoran atau ketombe dapat menyumbat pori pori tempat tumbuhnya rambut, tertutup nya pori pori kulit kepala dapat berakibat fatal yaitu rambut akan sulit tumbuh.

6. Menggunakan Ciput/Inner Terlalu Kencang
7. Ciput/Inner Menggunakan Bahan Yang Tidak Menyerap Keringat
8. Tidak Mengganti Ciput/Inner
9. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Baca Juga : Penyebab Kerontokan Parah dan Berlebihan

Kesimpulan

Jagalah kesehatan rambut meski rambut tidak terlihat jika menggunakan jilbab, karena rambut yang sehat dan tidak mudah rontok dapat membuat suami Anda semakin cinta kepada Anda.

Semoga artikel dari HerbalPenumbuhRambut.com tentang Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita Berjilbab ini bisa bermanfaat untuk Anda 🙂

Yang Anda Cari ?

  • penyebab rambut rontok pada wanita berjilbab